Workshop Penyusunan Bank Soal Diklat Kepustakawanan (5)

PUSDIKLAT- Dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan, widyaiswara dan tenaga diklat tentang evaluasi dan penyusunan instrument tes atau soal, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI mengadakan rangkaian kegiatan workshop penyusunan bank soal diklat kepustakawanan. Kegiatan ini diadakan sebanyak enam kali pertemuan dengan materi yang berbeda namun saling terkait. Workshop dilaksanakan dengan mengundang 21 peserta yang berasal dari dua bidang, yakni bidang penyelenggara diklat dan bidang program& evaluasi diklat.

Pertemuan ke lima pelaksanaan workshop penyusunan soal, diselenggarakan pada Senin, 6 Agustus 2020. Materi yang disampaikan pada pertemuan ke lima yakni Analisis Kurikulum dan Bahan Ajar. Selama workshop peserta dibekali dengan penjelasan tentang keterkaitan bahan ajar, kurikulum dan pembuatan soal. Penjelasan diawali dengan hasil analisis narasumber tentang kesesuaian bahan ajar dan kurikulum pelatihan. Hasil analisis mengidentifikasikan bahwa terdapat beberapa bagian yang memerlukan kesesuaian antara kurikulum dan bahan ajarnya. Sebagai contoh, eberapa bahan ajar memiliki penambahan materi yang belum disebutkan di dalam kurikulum. Hal ini akan membingungkan ketika harus membuat soal, karena penyusun soal akan kesulitan memutuskan harus berpedoman kepada kurikulum atau bahan ajar ketika menyusun soal evaluasi.

Materi workshop disampaikan oleh dua narasumber, yang merupakan pakar sekaligus praktisi dalam hal pengembangan instrument tes dan non tes. Narasumber pertama adalah Dr. Amaliyah, M.Pd yang merupakan staff pengajar di Fakultas Ilmu Sosial UNJ. Beliau aktif membantu pengembangan kurikulum dan evaluasi di Program Studi Pendidikan Agama Islam, melatih guru-guru dalam pembuatan soal berbasis kurikulum 2013, dan aktif dalam penelitian pengembangan instrumen penilaian. Beliau menempuh pendidikan doktoralnya di bidang Evaluasi dan Penelitian di Universitas Negeri Jakarta. Narasumber kedua adalah Dr. N. Erni Susiani, M.Pd. Beliau merupakan pengajar di bidang matematika si SMA, UT dan Sekolah Tinggi, dan aktif dalam penilaian evaluasi. Beliau menempuh pendidikan doktoralnya di bidang Evaluasi dan Penelitian UNJ.

            Selama workshop berlangsung, peserta berpartisipasi aktif di dalam sesi tanya jawab. Karena kondisi pandemi covid-19, waktu penyelenggaraan wokshop cukup singkat yakni 90 menit dan sudah termasuk alokasi waktu untuk pemaparan selama 60 menit dan diskusi selama 30 menit. Pertemuan ke lima merupakan pertemuan terakhir workshop sekaligus penutupan untuk kegiatan workshop penyusunan soal diklat kepustakawanan.

 

Oleh: Rina Wahyuni (Pustakawan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan)