Workshop Penyusunan Bank Soal Diklat Kepustakawanan: Praktik Pembuatan Soal & Kriteria Butir Soal yang Baik (3)

PUSDIKLAT- Dalam rangka meningkatkan kompetensi pustakawan, widyaiswara dan tenaga diklat tentang evaluasi dan penyusunan instrument tes atau soal, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI mengadakan rangkaian kegiatan workshop penyusunan bank soal diklat kepustakawanan. Kegiatan ini diadakan sebanyak enam kali pertemuan dengan materi yang berbeda namun saling terkait. Workshop dilaksanakan dengan mengundang 21 peserta yang berasal dari dua bidang, yakni bidang penyelenggara diklat dan bidang program& evaluasi diklat.

Pertemuan ke tiga pelaksanaan workshop penyusunan soal, diselenggarakan pada Kamis, 30 Juli 2020. Materi yang disampaikan pada pertemuan ke tiga yakni Praktik Pembuatan Soal & Kriteria Butir Soal yang Baik. Peserta mulai mempraktikkan pembuatan butir soal. Selain itu, peserta juga dijelaskan tentang kriteria butir soal yang baik dan hal-hal yang harus diperhatikan. Narasumber mengambil contoh materi di dalam bahan ajar pengembangan koleksi untuk dijadikan bahan pembuatan soal. Selama workshop, narasumber mendampingi peserta dalam pembuatan butir soal. Peserta juga diajarkan rumus untuk menentukan variasi jumlah jawaban benar di dalam soal. Hal ini bertujuan untuk menjaga penyebaran pilihan jawaban agar imbang dan tidak monoton. Sebagai contoh, dominasi pilihan jawaban benar pada butir A tidak boleh sangat mendominasi, tetapi jumlah pesebarannya harus seimbang dengan pilihan jawaban lainnya seperti B, C, D ataupun E.

Materi workshop disampaikan oleh dua narasumber, yang merupakan pakar sekaligus praktisi dalam hal pengembangan instrument tes dan non tes. Narasumber pertama adalah Dr. Amaliyah, M.Pd yang merupakan staff pengajar di Fakultas Ilmu Sosial UNJ. Beliau aktif membantu pengembangan kurikulum dan evaluasi di Program Studi Pendidikan Agama Islam, melatih guru-guru dalam pembuatan soal berbasis kurikulum 2013, dan aktif dalam penelitian pengembangan instrumen penilaian. Beliau menempuh pendidikan doktoralnya di bidang Evaluasi dan Penelitian di Universitas Negeri Jakarta. Narasumber kedua adalah Dr. N. Erni Susiani, M.Pd. Beliau merupakan pengajar di bidang matematika si SMA, UT dan Sekolah Tinggi, dan aktif dalam penilaian evaluasi. Beliau menempuh pendidikan doktoralnya di bidang Evaluasi dan Penelitian UNJ.

            Selama workshop berlangsung, peserta cukup antusias selama praktik. Karena kondisi pandemic covid-19, waktu penyelenggaraan wokshop cukup singkat yakni 90 menit dan sudah termasuk alokasi waktu untuk pemaparan selama 60 menit dan diskusi selama 30 menit.

 

Oleh: Rina Wahyuni (Pustakawan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan)