Penutupan Pelatihan Penyuluh Minat dan Gemar Membaca Angkatan I dan II Tahun 2024

Jakarta, 5 Juni 2024 - Pusat Pendidikan dan Pelatihan telah melaksanakan penutupan Pelatihan Penyuluh Minat dan Gemar Membaca Angkatan I dan II Tahun 2024. Kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Bapak Drs. Nurcahyono, SS., M.Si., selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pelatihan ini dilakukan secara daring yang berlangsung dari tanggal 20 Mei sampai dengan 5 Juni 2024 dengan jumlah jam pelatihan yaitu 91 JP.

Penutupan Pelatihan Penyuluh Minat dan Gemar Membaca Angkatan I dan II Tahun 2024 dihadiri oleh Tim Penyelenggara Pelatihan, Tim Evaluasi, Tim Penjamin Mutu dan Widyaiswara Pusat Pendidikan dan Pelatihan dengan peserta 80 orang dari berbagai wilayah di Indonesia yang berasal dari Perpustakaan Umum, Perpustakaan Khusus, dan Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Taman Baca Masyarakat. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi berpikir, menganalisis berbagai masalah, mencari jalan keluar dan solusi serta kesukaan untuk memahami dan memaknai bacaan.

Bapak Nurcahyono menyampaikan melalui pelatihan ini diharapkan para peserta yang sudah mengikuti pelatihan dapat menghasilkan para penyuluh yang mampu mengedukasi dan memotivasi masyarakat untuk terus meningkatkan kegemaran dalam membaca, mulai dari rumah, lingkungan sekitar sampai ke tingkat kabupaten/kota dan provinsi yang mana kemudian menjadi suatu Gerakan berskala Nasional. Membaca dapat menciptakan gagasan serta meransang kreativitas, imajinasi dan membantu pengembangan intelektual, serta menambah wawasan dan berpikir kritis.