Hubungi (+62)21-3103554/3152168

PENYELENGGARAAN DIKLAT PENGENALAN PERPUSTAKAAN ANGKATAN XII DAN DIKLAT MANAJEMEN PERPUSTAKAAN ANGKATAN XVII TAHUN 2017 (PNBP)

Oleh: Bondan Noor Ali | Diterbitkan pada: 20 Juni 2017

 

Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Perpustakaan Nasional RI akan menyelenggarakan Diklat Pengenalan Perpustakaan Angkatan XII dan Diklat Manajemen Perpustakaan Angkatan XVII. Diklat Pengenalan Perpustakaan akan diselenggarakan pada tanggal 17 - 21 Juli 2017 di Jakarta. Sedangkan Diklat Manajemen Perpustakaan akan diselenggarakan pada tanggal 17 - 26 Juli 2017 di Jakarta.

Diklat Pengenalan Perpustakaan adalah salah satu diklat teknis bidang kepustakawanan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI dengan pembiayaan swadana. Tujuan umum diselenggarakannya Diklat Pengenalan Perpustakaan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi peserta dalam mengelola perpustakaan di unit perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang berada di perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Oleh karena hanya memberikan pengetahuan dasar saja, maka Diklat ini mencakup hanya 32 jam pelatihan.

Diklat Manajemen Perpustakaan adalah diklat yang diperuntukkan bagi kepala atau calon kepala perpustakaan. Diklat Manajemen Perpustakaan bertujuan untuk menyiapkan tenaga yang memenuhi syarat sebagai tenaga ahli dan profesional di bidang perpustakaan, untuk diangkat menjadi kepala perpustakaan.

Diklat Pengenalan Perpustakaan dan Diklat Manajemen Perpustakaan merupakan Diklat yang bersumber dari Peserta/Instansi Pengirim (Swadana). Adapun biaya yang dibebankan kepada Peserta/Instansi Pengirim adalah sebesar Rp. 4.050.000,- (empat juta rupiah) untuk DIklat Pengenalan Perpustakaan. Sedangkan untuk Diklat Manajemen Perpustakaan biaya yang dibebankan adalah sebsar Rp. 6.600.000,- (enam juta lima ratus ribu rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya diklat dan akomodasi, tidak termasuk biaya transportasi dan uang saku.

Untuk mengikuti diklat ini, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui web pusdiklat ini, atau melalui alamat email kami di pengajaran.perpusnas@gmail.com. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi silakan klik link berikut : http://pusdiklat.perpusnas.go.id/diklat/33 (Diklat Pengenalan Perpustakaan), dan http://pusdiklat.perpusnas.go.id/diklat/38 (Diklat Manajemen Perpustakaan).

Catatan :

1. Diklat dapat diselenggarakan jika tidak ada penghematan anggaran.

2. Jumlah peserta minimal 10 orang.